Batik dan Mahasiswa

36 thoughts on “Batik dan Mahasiswa

  1. Dulu memang batik sering dipandang sebelah mata khususnya oleh kaum muda mudi, namun dewasa ini para perancang profesional banyak mengeluarkan desain-desain batik modern agar lebih disukai kaula muda. saya pun tertarik dengan desain2 batik modern yang beredar di pasaran sekarang2 ini.

  2. Seharusnya kita bangga pada batik Indonesia. Karena Batik sudah diakui di mata dunia menjadi budaya Indonesia.
    Batik itu warisan leluhur kita, sebaiknya kita lestarikan bukannya malah menghina batik itu kampungan.
    Batik itu tidak gampang dibuat dengan dibuat dengan keterampilan tangan yang membutuhkan waktu lama. Memang sih sekarang ada batik cap tetapi kualitasnya lebih rendah.
    Batik itu tidak kampungan kok, buktinya banyak anak-anak muda memakai batik.
    Mari Lestarikan Batik Indonesia!!!

  3. Sangat menyedihkan anak-anak muda jaman sekarang sudah tidak lagi mencintai budaya negeri nya sendiri khususnya generasi muda Indonesia yang sudah mulai memudar rasa cinta dan kebanggaan nya pada budaya sendiri. Mereka lebih memilih mencintai budaya asing padahal budaya sendiri sangat lah indah. Batik harusnya menjadi busana kebanggaan setiap rakyat Indonesia khususnya kaum muda tapi kenyataan nya berbeda justru batik di anggap pakaian kampung dan enggan memakai nya hingga akhirnya tunggu batik di klaim oleh bangsa lain lah baru hati kita baru tergerak untuk melestarikan batik, memang Indonesia selalu terlambat untuk mengambil tindakan dan hingga akhirnya pemerintah baru menetapkan hari wajib untuk memakai batik. Coba jika dari awal batik di lestarikan dan di banggakan pasti negara lain tidak akan mengakuinya.

  4. Batik adalah salah satu pakaian ciri khas Negara Indonesia yang dapat dibawa hingga ke mancanegara. Untuk itu kita sebagai warga Indonesia harusnya merasa bangga atas keberhasilan kita dalam membawa busana batik hingga ke mancanegara. Tetapi sayangnya, zaman masa kini karena dampak globalisasi dan adanya perkembangan zaman ke arah yang lebih modern, maka banyak warga Indonesia yang melupakan batik bahkan merasa malu jika keluar rumah dengan memakai pakaian batik. Mereka lebih memilih untuk mengikuti gaya pakaian dari negara asing yang menurut mereka lebih bagus dan cocok untuk dikenakan. Padahal seharusnya kita sebagai warga Indonesia, haruslah merasa bangga jika memakai busana batik, dan kita harus ikut melestarikan batik agar tidak pudar dan dapat menjadi ciri khas Indonesia untuk selamanya..

  5. batik adalah peninggalan Indonesia yang sudah di akui dunia. Batik sudah banyak dikenal di seluruh dunia dan banyak orang yang menyukainya. tapi banyak diantara pemuda-pemudi Indonesia yang memandang remeh batik. mereka lebih memilih mengikuti trend budaya luar. padahal banyak sekali orang luar negeri yang sangat menyukai batik dan bangga saat memakai batik. saya setuju dengan peraturan beberapa perusahaan dan sekoalh yang mewajibkan seluruh karyawan atau muridnya untuk memakai batik pada satu hari secara bersamaan. sehingga budaya batik mulai dicintai oleh bangsa Indonesia sebagai bangsa penemu batik

  6. seharusnya budaya memakai batik bisa di terapkan agar kita tidak kehilangan ciri khas budaya indonesia, terkadang rakyat indonesia memang aneh budaya tidak di kembangkan tapi kalau budaya itu di ambil orang baru marah-marah dan mengakui budaya yang gak di kembangkan itu budaya indonesia.

  7. Dalam karikatur, cowok berjas itu bilang batik adalah baju kampung? Dia gak sadar ya, dia asal dan tinggal di Indonesi, yang identik dengan batik. Berarti dia juga orang kampung donk?

    Saya suka dengan batik, merupakan identitas Indonesia (nanti kalo udah di perebutin sama negara tetangga baru deh teriak-teriak), corak nya yang beragam (beberapa daerah memiliki ciri khas terdapat batik produksi nya).

    Batik pun sudah di nobatkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2010 yang kita peringati setiap tahun nya. Ini harus kita pertahankan, kita pun patut bangga terhadap pengakuan ini.

    Sekarang batik pun sudah berbagai macam model nya, tidak seformal dulu yang hanya bisa di pakai saat acara resmi, tetapi sekarang sudah banyak model baju batik yang bisa di padukan dengan celana pendek untuk acara santai. Jadi kenapa mesti malu pake batik?

  8. batik merupakan aset bangsa indonesia yang harus dibudidayakan oleh warga indonesia agar tidak di ambil dengan negara lain. batik yang mempunyai tekstur yang indah mencerminkan negara indonesia yang sangat indah akan mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak sekali. saya sangat setuju apabila anak-anak sekolah diwajibkan untuk memakai pakaian batik agar kita bisa mencintai dan menghargai karya bangsa indonesia.

  9. Seharusnya kita sebagai generasi muda bisa melestarikan budaya bangsa dengan memakai Batik, bukan dengan menghina batik sebagai baju kampungan. Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sudah diakui di dunia Internasional. Ini menjadi hal yang patut dibanggakan oleh kita sebagai warga negara Indonesia. Batik merupakan budaya bangsa yang harus kita lestarikan kebera­daannya. Banyak bangsa lain yang ingin merebut batik dari Indonesia. Jika kita tidak melestarikannya, mungkin budaya yang sangat kental dengan unsur seni dan estetika ini akan hilang dengan cepat dan anak cucu kita tidak bisa lagi melihat batik sebagai karya bangsa.

  10. Anak muda zaman sekarang sulit untuk di suruh menggunakan batik karena sudah terpengaruh oleh budaya – budaya luar termasuk penampilan orang – orang dari negara lain. Namu batik perlu lebih ditekankan agar salah satu budaya bangsa Indonesia ini tidak hilang akibat perkembangan zaman

  11. sebenar nya sekarang sudah banyak anak muda yang mau mengenakan batik namun terkadang kami pun bingung mau mengenakan nya kemana? karena model baju batik kebanyakan kemeja alangkah enak nya bila bisa di buat model baju-baju santai🙂

  12. seharusnya kita bangga terhadap negara kita karena kita mempunyai warisan yang sangat berharga yaitu batik yang beragam jenis,padahal negara internasional banyak yang mengakui batik, seharusnya kita harus menjaga warisan kita yang sangat berharga, padahal menurut saya baju batik itu sangat bagus modelnya, di karikatur diatas kalau pemuda itu tidak mau memakai batik tapi jangan menghina batik itu kampungan, seharusnya pemuda itu sebaiknya tidak tinggal di indonesia, lebih baik tinggal di luar negeri saja, karna pakaian yg pemuda pakai itu pakaian adat negara luar.

  13. batik memang dikenal dgn model gambar yg kuno yg dipakai oleh org tua pd zaman dahulu. tetapi sekarang batik mempunyai banyak variasi warna serta gambar nya yg unik dan menarik. batik jg sekarang telah didesain dgn model baju-baju modern dan elegan saat ini. menurut saya batik sgt indah dan mempunyai suatu nilai seni yg tinggi.

  14. pada masa dewasa ini yaitu era globalisasi, perkembangan tren mode berpakaian sudah semakin menjadi lebih modern dan stylish .. dimana mode berpakaian di Indonesia mulai dipengaruhi oleh tren mode berpakaian Korea (K-Pop) .. dan kenyataannya, para masyarakat Indonesia mulai mengikuti dengan antusias tren mode K-Pop tersebut; terutama para kaum muda .. mereka mulai mencari-cari tentang tren berpakai K-Pop di internet bahkan sampai membeli barang-barang dan baju-baju K-Pop melalui online shop yang kini mulai menjarah perdagangan Indonesia dimana mereka menyediakan segala sesuatu tren K-Pop .. seharusnya sebagai kaum muda, kita harusnya lebih bisa mencintai budaya bangsa sendiri sebelum mencintai budaya bangsa lain .. mulai dari hal kecil .. seperti mode berpakaian .. ciri khas bangsa Indonesia adalah “Batik” .. kita perlu mencontoh Agnes Monica yang memperkenalkan ciri khas Indonesia dengan menggunakan baju batik pada video clip-nya yaitu, “Paralyzed”

  15. Sungguh menyedihkan bila masih ada anak muda yang malu untuk memakai batik, padahal jika diterawang kita harusnya bangga dengan identitas bangsa yang satu ini. Seni yang terkandung di dalamnya sangatnya kompleks dan indah, batik sangat mudah didapatkan oleh seluruh rakyat Indonesia karena harganya yang terjangkau. Saat ini negara tetangga sedang berusaha untuk mengakui batik sebagai miliknya, tidakkah kita menyesal jika suatu hari nanti batik menjadi tren mode yang mendunia tapi saat hal itu terjadi batik bukan lagi menjadi bagian dari milik negara kita karena telah direbut oleh negara tetangga.

  16. batik sering di anggap sebagai sesuatu yang tradisional dan kuno
    padahal batik sebuah kebanggaan bagi indonesia
    bangsa lain pun sampai ingin mengambil batik ..

    kita sebagai generasi muda harusnya melestarikan apa yang generasi tua kita berikan ..
    toh batik pun saat ini sudah menjadi mode busana dengan berbagai model dan modefikasinya

  17. Ingat tidak pada saat bulan oktober di jadikan sebagai hari batik oleh dunia? kita harus bangga dengan budaya kita batik adalah hasik seni yang dihasilkan oleh budaya kita. seharusnya anak-anak di jaman sekarang harus belajar untuk mencintai produk dalam negeri sehingga dengan begitu kita dapat memajukan negara kita.

  18. baju kampung? gpp deh.. asal kampung jakarta bukan kampung negara tetangga ya..harusnya kita sebagai mahasiswa lebih berinovatif dan berkreasi .. agar bisa menjunjung tinggi negara kita sendiri..

  19. Aloisius Johnsis Kurniawan / 1601265763 / 02 PNT

    komentar :
    karikatur diatas menunjukan rasa nasionalisme yang sangat merosot untuk karya dan kebudayaan anak bangsa. padahal UNESCO telah menetukan batik sebagai warisan kebudayaan dunia, hal ini sangat miris dilihat. dimana orang asing sangat menghargai kebudayaan kita namu rakyat sendiri malah melakukan hal yang sebaliknya.

  20. Komentar :
    Karikatur tersebut memperlihatkan kurangnya rasa nasionalisme untuk Negara dalam kalangan mahasiswa. Sama seperti orang-orang kebanyakan, seharusnya disetiap kampus pada hari jumat semua mahasiswa diwajibkan untuk memakai batik, agar rasa nasionalisme kembali tumbuh didalam diri masing-masing. Kita harus dapat menghargai apa yang menjadi warisan milik Negara, jangan sampai warisan tersebut diambil alih oleh Negara lain, oleh karena itu kita harus terus lestarikan setiap budaya yang ada di Indonesia terutama batik.

  21. Menurut saya batik adalah salah satu kebangaan budaya Indonesia jadi sangat memalukan sekali bila kita masyarakat indonesia malah justru tidak menghargai keindahan budaya indonesia dan malah meremehkan nya. Dan juga batik sekarang juga sudah international dan juga beberapa designer dunia pun sudah menggunakan batik sebagai salah satu nya. It’s our legacy. Appreciate it and be proud of it.

  22. . Gambar karikatur yang berjudul Batik dan mahasiswa ini sangat menarik karena menyinggung tentang pakaian batik yang enggan digunakan oleh kebanyakan orang di indonesia,padahal Batik merupakan kebudayaan Indonesia yang tidak boleh dihilangkan,menurut saya pergeseran ke era Global yang membuat hal tersebut terjadi.pakaian Batik harus terus dilestarikan agar jati negara ini tidak hilang.

  23. batik itu adalah salah satu barnag berharga milik indonesia harusnya ktia bangga akn batik yang sudah disahkan oleh UNESCO sebagai milik indonesia sehingga negara lain tidak berhak untuk menklain sesuatu yang bukan menjadi milik mereka, bangalah kita memiliki batik

  24. Karikatur di atas menunjukkan bahwa mahasiswa saat ini sebagian besar sudah tidak tertarik lagi dengan yang namanya batik. Padahal batik merupakan salah satu aset nasional yang harus kita banggakan dan lestarikan. Kita sebagai generasi muda seharusnya tidak malu untuk melestarikan dan memakai batik agar di masa depan anak cucu kita juga masih bisa merasakan memakai yang namanya batik.Siapa bilang batik itu baju kampung ?? Ngga tuhh…

  25. Batik merupakan warisan budaya Indonesia tetapi belakangan ini remaja pada umumnya tidak tertarik dan tidak mau menggunakan batik karena dianggap kuno. Seharusnya kita bangga menggunakan batik karena batik adalah budaya kita budaya Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia.

  26. gambar diatas menunjukkan hal yang benar ,zaman sekarang anak remaja lebih melihat hal-hal yang modern seperti meniru gaya pakaian dari korea,Padahal di Indonesia kita ini mestinya ditingkatkan ciri khas batiknya tetapi malah melupakan batik tersebut.tetapi saya masih peduli dengan khas batik karena batik itu sangat indah dimata saya,kalau bisa saya ingin mencoba cara membuatnya karena saya liat orang yang membuatnya dengan tangannya sendiri itu tidak segampang kita liat melainkan susah.

  27. seharusnya kita boleh bangga ketika memakai batik karena batik adah warisan budaya indonesia. memakai batik berarti memberikan apresiasi kepada bangsa sendiri. dan juga menghargai warisan budaya yang telah lama ada.

  28. sebagai generasi muda,kita perlu mencitai produk dalam negeri,dan bangga dengan peroduk dan hasil karya dalam negeri,dengan menggunakan batik ke kampus sudah mencerminkan kita cinta negara kita sendiri dan meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap negara kita

  29. banyak warna negara asing yang menyukai batik dan suka menggunakannya karena dirasa unik dan artistik. dan kita sebagai pemilik budaya tersebut harusnya lebih bisa menghargai dan membanggakan batik. seperti contoh karena anak muda kurang tunjukan apresiasi terhadap batik, negara tetangga mulai mengakui kedunia kalau batik adalah milik mereka. jika alasannya karena kuno atau kurang modis harusnya anak muda bisa memodifkasi mengikuti trend yang sesuai dengan gaya anak muda.

  30. batik merupakan identitas bangsa indonesia. sebagai anak muda yang baik dan mencintai bangsa kita biasakanlah pakai batik mulai acara formal. ayo kita pakai batik.

  31. Tidak seharusnya kita menghina batik yang merupakan budaya berasal dari Indonesia ini. Padahal seharusnya kita bangga. Bahkan batik sudah meluas di negara luar sana. Inilah yang harus kita pertahankan sebagai tradisi turun temurun. Agar batik tetap ada di peredaran

  32. budaya memakai batik semestinya dilanjutkan lagi di universitas, agar melestarikan budaya indonesia. bangga mempunyai batik hasil dari kebudayaan yg beraneka ragam. patutnya mahasiwa harus bangga dengan kebudayaan batik, dan membantu melestarikan batik didalam negri maupun luar negri.

  33. Tidak benar apabila batik merupakan baju kampung. Batik merupakan salah satu warisan budaya di Indonesia. Bagaimana mungkin batik dikatakan sebagai baju kampung? Ironis sekali. Seharusnya kita bangga, karena pada saat ini batik sudah beredar luas bahkan sampai di MancaNegara.

  34. mencintai budaya indonesia memang agak gampang-gampang susah kalau kitanya sendiri tidak moderen. oleh sebab itu kita juga harus pintar mengunakan karya batik agar tidak dibilang kuno. contohnya sebagai aksesoris seperti tas, kantong handphone,dll.. dengan begitu pasti anak muda zaman sekarang masih mau melestarikannya.

  35. Lho, kok malu pakai batik? Batik malah baju paling keren dan bagus menurut saya. Mewah dan gagah rasanya kalau memakai batik. Ada rasa bangga yg mengalir dalam diri saya ketika mengenakan batik. Batik khas Indonesia, milik negara kita tercinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s