Pelayanan Kesehatan bagi Rakyat Miskin

27 thoughts on “Pelayanan Kesehatan bagi Rakyat Miskin

  1. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama. Oleh karena itu, tidak boleh adanya diskriminasi atas dasar hal apapun juga, entah itu status, ekonomi, maupun SARA. Akan tetapi, hal ini sering terjadi di berbagai tempat. Khususnya, seperti di gambar, yaitu rumah sakit. Apakah salah jika orang miskin yang sakit? Sebenarnya tidak ada satupun orang yang mau sakit, kaya atau miskin. Melainkan musibah itu datang tiba- tiba. Tapi, perasaan sebagai manusia malah hilang akibat uang. Karena, dipikir tidak bisa membayar biaya rumah sakit, mereka (orang miskin) tidak dibiarkan masuk akibat bermacam- macam alasan. Padahal, semua itu hanya kebohongan. Pemerintah sudah memberikan subsidi bagi rakyat miskin untuk berobat. Namun, sangat takutnya pihak rumah sakit menerima rugi yang sesungguhnya itu tidak ada apa-apa. Biaya rumah sakit memang mahal tetapi kesehatan itu mahal harganya tidak terbatas. Sebaiknya, pemerintah memperhatikan hal seperti ini. Jika hal ini terus berlanjut, bisa saja populasi manusia menurun.

  2. Rakyat miskin juga manusia, seharusnya tidak boleh dibeda-bedakan hanya karena status ekonomi. Sekarang ini Bapak Gubernur sedang mengeluarkan program kartu sehat bagi rakyat miskin, semoga saja dengan adanya kartu ini rakyat miskin bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, diharapkan juga dengan adanya kartu ini bisa mengurangi beban rakyat miskin untuk berobat ke puskesmas. jadi baik rakyat miskin maupun kaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak tanpa melihat perbedaan status ekonomi.

  3. Ini yang sering terjadi di Negara kita. Dimana rakyat miskin tidak bisa mendapatkan pengobatan hanya karena dia tidak ada uang. Bukankah rumah sakit menyembuhkan orang-orang ? apa gak ada toleransi kah ? dimana sikap manusiawi kita ? apa kita bisa bayangkan jika kita yang berada diposisi dia ? dengan ngemis-ngemis meminta pengobatan tetapi tidak diijinin. Dan dia hanya bisa pasrah karena menurut dia itu sudah menjadi biasa, karena setiap orang akan selalu memberikan jawaban yang seperti itu kepada dirinya. Tapi, di tempat saya, Rakyat miskin sudah bisa berobat dirumah sakit manapun, dengan menunjukan syaratnya yang mudah dan berobat gratis, jika pihak rumah sakit menolak maka akan dilaporkan ke walikota daerah saya dan ditindaklanjutin rumah sakitnya.

  4. pelayanan kesehatan miskin adalah suatu program yang sangat bagus karena rakyat miskin dapat menikmati pelayanan yang diberikan secara gratis dan menurut saya saat ini seharusnya rakyat miskin sudah bisa berobat di rumah sakit.

  5. Dokter pada gambar diatas adalah salah satu contoh dokter yang kejam dan tidak mempunyai hati nurani, demi uang, ia tega tidak mau menolong orang miskin yang sedang kesakitan. Padahal tugas dokter adalah menyembuhkan orang-orang yang sedang kesakitan tanpa memandang dari kalangan mana orang tersebut berasal. Tapi di Indonesia, kebanyakan dokter menolong pasien dengan melihat uang dan tidak memperdulikan pasien yang berasal dari kalangan bawah.

  6. Pelayanan kesehatan itu untuk semua orang bukan untuk orang yang mampu saja. Kalau mereka bisa milih, pasti mereka juga tidak mau sakit, buang – buang uang. Namun, dalam karikatur dokter itu berbohong. Itu membuktikan bahwa ia membedakan pasien dari kondisi ekonominya, ia takut dia (orang miskin) tidak dapat membayar uang rumah sakitnya. Padahal, menurut saya, pihak rumah sakit pasti memiliki banyak untung, masa ngobatin 1 orang saja tidak mampu ?? mereka tidak memiliki toleransi, yang mereka pikirkan hanya keuntungan yang akan didapatnya

  7. rumah sakit merupakan sarana masyarakat dan seharusnya seluruh masyarakat dapat menikmati sarana tersebut..tidak membedakan derajat, atau kasta..jangan jadikan sarana untuk masyarakat sebagai lahan untuk mengambil keuntungan sepihak..

  8. rumah sakit, pengadilan, pejabat-pejabat sama aja, hanya mementingkan uang, tidak punya hati nurani untuk menolong masyarakat, padahal kan tugas mereka membantu masyarakat apalagi masyarakat yang kurang mampu, masyarakat tidak pernah merasakan fasilitas yang ada di negara ini, hanya membantu menyembuhkan orang yang sedang sakit saja tidak mau. apa salahnya rakyat miskin dapat menikmati pelayanan yang diberikan secara gratis.

  9. Mengapa kesehatan orang miskin diabaikan?padahal , arti kesehatan baik bagi orang miskin ataupun kaya tetaplah sama , yaitu sama-sama penting.Dengan tubuh yang sehat , maka kita dapat bekerja sesuai dengan yang kita inginkan.Kesehatan orang miskin diabaikan karena masalah biaya , padahal pemerintah sudah mengeluarkan kartu sehat untuk orang miskin , akan tetapi pihak rumah sakitlah yang tidak mau menerimanya.

  10. Saya setuju sekali jika pelayanan kesehatan (gratis) ini diperuntukkan bagi kaum yang kurang mampu (miskin). Kita sebagai sesama manusia harus tolong menolong kepada orang yang membutuhkan belas kasihan.

  11. kenyataan di Indonesia, pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin masih sangat-sangat kurang sekali .. keegoisan masing-masing individu membuat hal ini semakin marak terjadi .. dimana yang kaya akan selalu lebih diutamakan daripada masyarakat miskin yang mungkin saja tidak mampu untuk membayar biaya kesehatan untuk menjalani segala bentuk kegiatan yang bersangkutan langsung dengan kesehatan mereka .. keegoisan manusia untuk mencapai kekayaan sebanyak-banyaknya membuat pelayanan kesehatan hanya diperuntuk untuk masyarakat kalangan menengah keatas .. kita diciptakan untuk saling melengkapi bukan untuk saling membunuh .. dengan keegoisan akan keserakahan harta duniawi, kita secara tidak langsung sudah melakukan pembunuhan dengan tidak memberikan pelayanan kesehatan untuk rakyat miskin

  12. kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting dan berharga akan tetapi sering terjadi ketidakadilan di negara Indonesia yang miskin tidak dapat menyembuhkan penyakitnya ke rumah sakit karena alasan tidak adanya biaya. seharusnya pemerintah harus lebih memperhatikan masyarakat miskin dalam kesehatannya dan tidak mempersulitkan mereka dalam mendapatkan pengobatan yang gratis.

  13. Alvia Oktaviani – 02 PNT – 1601272586

    hal ini menjadi gambaran bahwa sekarang ini, manusia begitu mengutamakan materi daripada keperdulian diri terhadap sesama. sebagian rumah sakit hanya membantu orang-orang yang mampu membayar. sedangkan orang-orang miskin yang membutuhkan pertolongan medis tapi tidak mampu membayar dibiarkan tanpa pertolongan. sungguh miris memang. hal ini hanya bisa diatasi oleh orang-orang yang memiliki kesadaran untuk menolong terhadap sesama.

  14. Komentar :
    Seperti pada karikatur diatas, seharusnya pemerintah cepat tanggap dengan kondisi seperti itu. Melakukan suatu tindakan yang dapat menolong rakyat yang tidak mampu terutama dalam hal pengobatan. Seperti memberikan pengobatan gratis kepada rakyat kurang mampu, memberikan obat-obatan gratis dan lain sebagainya. Agar rakyat miskin juga dapat diterima dengan baik dan layak apabila mereka ingin melakukan pengobatan.

  15. Menurut saya ini contoh yang sangat buruk dan menyedihkan tetapi fakta yang terjadi di negara kita ini. Pelayanan kesehatan yang buruk. bila kita ada uang baru para medis bertindak, tanpa kita sadari bahwa uang lebih penting dari nyawa. Contoh yang menyedihkan. Kita masih membutuhkan banyak bantuan peduli kasih

  16. Gambar karikatur yang berjudul pelayanan kesehatan bagi rakyat miskin ini cukup menarik karena mementingkan kesehatan tidak membedakan miskin maupun kaya,menurut saya Rakyat miskin juga punya hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak,apresiasi setinggi-tingginya saya berikan terhadap gubernur jakarta sekarang yaitu Jokowidodo,yang menerapkan kartu jakarta sehat untuk rakyat miskin sehingga Rakyat miskin dapat berobat ke rumah sakit.karena uang dari rakyat dan untuk rakyat juga.

  17. seharusnya rumah sakit mengutamakan kesehatan rakyat bukan malah menguta,makan duit, rumah sakit zama sekarang matrealistis harus ada uang baru bias berobat, lalu bagaimana kalu orang meninggal gara-gara tidak bisa dirawat dokter karena tidak p[unya uang? pihak rumah sakit tidak pernah merasa bersalah…

  18. Dari karikatur di atas seharusnya kita bisa belajar bahwa rakyat miskin juga mempunyai hak yang sama untuk diperlakukan adil. Rumah sakit seharusnya bisa lebih mementingkan kebutuhan rakyat yang memang benar-benar memerlukan pertolongan. Jangan ada perbedaan. Karena semuanya sama-sama manusia yang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

  19. Saya setuju dengan ilustrasi diatas, saat ini rumah sakit pun juga sudah sakit mentalnya. Untuk berobat saja rumah sakit memilih-milih pasien yang akan di prioritaskan bukan dari segi penyakit yang diderita pasien tetapi dari segi materi yang dimiliki pasien. Sangat sedih jika melihat si miskin yang sakit parah harus menunggu si kaya yang hanya sakit manja selesai berobat. Tidak sedikit juga rakyat miskin yang meninggal karena terlambatnya tindakan dari rumah sakit yang tidak terlalu perduli dengan keadaan si miskin.

  20. rumah sakit adalah tempat sarana masyarakat dan seharusnya seluruh masyarakat dapat menikmati sarana tersebut..tidak membedakan derajat.sebagai pemilik rumah sakit harus membantu pasien yang tidak memiliki uang,dengan cara membantu semaksimal mungkin untuk pasien tersebut.

  21. warga miskin mempunyai hak untuk mendapat perlindungan negara. tanggung jawab negara kepada masyarakat miskin dapat diberikan dengan salah satu contohnya adalah memberikan pelayanan rumah sakit kepada warga miskin yang sakit. sehingga dapat membantu setiap warga miskin yang sakit

  22. Kesehatan memang mahal. Ongkos obat dan rumah sakit membumbung tanpa kontrol. Adanya penyakit membuat banyak pihak mendapat untung. Sudah biayanya mahal, setiap kesalahan medis sangat sulit untuk diadili. Mahalnya ongkos masih juga diperuncing oleh beredarnya obat palsu. Pepatah Orang Miskin dilarang sakit ada benarnya juga. Melihat carut marutnya dunia kesehatan di negara ini yang kurang memprioritaskan golongan bawah.

  23. dari gambar di ats mencerminkan bahwa tidaklah semua rumah sakit menjalankan profesionalitas dalam melayani warga yang kurang mampu berobat,padahal pemerintas sudah memberikan bnyak anggaran untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis terhadap wrga miskin pada rumah sakit yang di tuju.

  24. dulu pelayan kesehatan bagi rakyat miskin memang seolah olah mahal dan tidak terjangkau oleh rakyat miskin. maka banyak rakyat yang malas atau pesimis untuk datang kerumah sakit karena tahu pasti akan ditolak karena tidak memiliki biaya dan biasanya pihak rumah sakit tidak ramah kepada mereka yang terhitung tidak sanggup membayar biaya rumah sakit. uang memang sangat berbicara semakin mahal biaya yang mereka bayar kan bagi rumah sakit semakin baik juga pelayanannya. tapi kita sudah ada kartu sehat bagi rakyat kurang mampu tapi karena membeludaknya pasien dan kerugian yang dialami rumah sakit banyak yang menggundurkan diri.

  25. pelayanan kesehatan sangat lah dibutuhkan bagi rakyat yg urang mampu. karena pelayanan yg gratis sangat meringankan beban mereka yg kurang mampu dan membutuhkan kesehatan yg layak. saya sangat setuju dengan karikatur diatas. semoga saja karikatur tsb dilihat oleh salah satu dewan dan bisa membantu rakyat yg kurang mampu.

  26. Kelihatan jelas sekali perbedaan yang didapat oleh saudara-saudara kita yg kurang beruntung dalam keuangannya untuk mendapatkan kelayakan pelayanan yg diberikan rumah sakit. Kalau orang yang kaya, pasti pelayanannya akan lebih cepat dan lengkap. Coba bandingkan dengan saudara-saudara kita yg lain? bahkan mereka belum tentu dapat perhatian pihak pelayanan rumah sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s